Cara Mudah Mengganti Air Radiator Mobil

1 min read

mengganti air radiator mobil

Cara mengganti air radiator – Radiator yang terdapat pada mobil merupakan salah satu komponen terpenting untuk mendukung kelancaran sistem dan pendingin kerja mesin mobil, tetapi tugas utama radiator ialah sebagai pendingin suhu pada mesin mobil agar mendapatkan temperature suhu  yang sesuai yang bisa mendukung kinerja mesin agar selalu optimal.

Agar radiator awet serta tetap bersih dan tidak mampet, harus diperlukan perawatan secara berkala. Misalnya rutin mengganti air radiator setiap pemakaian mobil 20.000 km atau cara lain dengan mengganti air radiator jika air radiator sudah mulai keruh, dan anda dapat mengetahui apakah air radiator pada mobil sudah keruh atau tidak dengan melihat melalui lubang pada bagian atas radiator.

Anda  tidak perlu datang ke bengkel mobil jika ingin mengganti air radiator pada mobil anda, terlebih anda terburu-buru karena kendaraan akan dipakai untuk perjalanan jauh dan tidak sempat dibawa ke bengel, karena bisa melakukannya sendiri  caranya pun cukup mudah dan anda hanya memerlukan waktu 30 menit untuk menggantinya.

Berikut cara mengganti air radiator sendiri pada mobil dengan cepat hanya 30 menit, ada beberapa langkah dan tahapan yang perlu dilakukan.

Langkah Dan Tahapan Mengganti Air Radiator Mobil

  1. Siapkan Kunci untuk Membuka Baut
    persiapkan kunci untuk membuka baut pada radiator, wadah untuk menampung bekas air radiator, lap untuk mengelap jika ada air yang tumpah, dan air radiator yang baru, bisa anda dapatkan di toko sparepart mobil.
  2. buka penutup di bagian atas lubang radiator
    kemudian buka baut tempat pembuangan air radiator mobil yang biasanya terletak di bagian bawah radiator, dan Setelahvdibuka biarkan beberapa saat sampai air radiator terbuang semua. Sebelum anda melakukan proses tersebut, pastikan terlebih dulu kondisi mesin mobil dingin, agar tidak mencederai tangan dan usahakan saat melakukan proses tersebut mesin mobil dalam keadaan menyala, hal tersebut berfungsi agar semua air radiator yang masih tersisa di sistem pendingin mesin dapat terbuang semua.
  3. Pasang Kembali Baut Pembuangan
    Setelah dipastikan jika air di radiator mobil sudah terbuang semua kemudian matikan mesin mobil dan pasang kembali baut pembuangan air radiator pada bagian bawah radiator yang sudah dibuka tadi. Dan jika ada buka baut tempat pembuangan angin dan Kemudian isi radiator dengan menggunakan air bersih tetapi usahakan menggunakan cairan pendingin radiator sampai air meluap keluar melalui baut pembuangan angin.
  4. Tutup Baut Pembuangan
    Kemudian tutuplah kembali baut pembuangan angin serta biarkan penutup lubang radiator di bagian atas dalam kondisi masih terbuka kemudian nyalakan kembali mesin mobil agar kipas radiator berputar, biarkan mesin mobil tetap menyala hingga temperatur di panel speedometer menunjukkan setengah. 
  5. Cek Volume Air Radiator
    jika volume air di radiator dirasa masih kurang, bisa menambahkan sampai batas maksimal, kalau dirasa sudah pas, kemudian pasang kembali penutup lubang radiator pada bagian atas.
  6. Cek Volume Air Cadangan Radiator
    Selain anda mengganti air radiator, jangan lupa untuk mengecek air radiator pada tangki cadangan radiator, jika airnya sudah kotor yang harus dilakukan buka penutup tangki cadangan dan segera buang airnya serta isi kembali dengan cairan pendingin radiator yang baru hingga mencapai batas maksimal, kemudian tutup kembali tangki cadangan radiator.

Baca Juga : Cara Mudah Membersihkan Mobil Sendiri

Demikian beberapa langkah mudah cara mengganti  air radiator mobil dengan cepat hanya 30 menit yang bisa dilakukan sendiri. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan membantu, terimakasih sudah mengunjungi artikell ini.