Cara Mengisi Freon AC Mobil Dengan Benar

2 min read

AC pada mobil merupakan sistem pendingin ruangan atau pada kabin mobil sehingga nantinya udara di dalamnya dapat terasa sejuk. Pada saat ini dapat dikatakan bila AC merupakan kebutuhan pokok untuk setiap mobil yang berada di daerah dengan suhu udaranya yang  cukup panas seperti di Indonesia.

Maka dari itu untuk itulah semua produsen mobil telah mengaplikasikan AC di hampir setiap unit mobil yang telah mereka produksi. Tingkat kenyamanan pada saat berkendara merupakan salah satu acuan dan faktor yang perlu diperhatikan oleh para produsen mobil dan sehingga untuk para pegendara akan merasa puas saat membeli produk yang telah mereka tawarkan.

Maka coba saja anda bayangkan bila pada saat anda sedang berkendara dan dengan cuaca yang sangat panas terik terlebih jika pada saat anda terjebak kemacetan yang cukup parah, pastinya hawa panas akan sangat menyiksa anda.

Karena salah satu komponen atau bagian yang terpenting pada sebuah sistem kerja AC mobil adalah difregerant atau  sering disebut freon.

Freon sendiri merupakan cairan khusus yang berguna untuk bisa menciptakan hawa sejuk sehingga bisa mendinginkan udara di dalam kabin mobil. Karena Freon berupa cairan yang diuapkan untuk dapat menyejukan ruangan, maka dari itu freon juga sudah pasti akan habis.

Biasanya habisnya freon disebabkan karena adanya kebocoran yang terjadi pada selang atau pipa yang menghubungkan dari beberapa komponen AC mobil. Sebenarnya cara mengisi freon paling tepat dilakukan orang yang telah ahli atau berkompeten dalam masalah AC mobil.

Tetapi pada artikel kali ini dosenotomotif.com akan berbagi sedikit cara mengenai mengisi freon pada mobil jika anda ingin mengisi sendiri freon mobil anda. Dan berikut ini langkah – langkah yang perlu anda lakukan.

Cara Mengisi Freon AC Mobil

Hal pertama pastikan mengamati dan mengecek terlebih kinerja beberapa Komponen AC Mobil anda bekerja dengan normal atau tidak. Untuk beberapa komponen tersebut antara lain ialah Kondensor, Expansion Valve, Kompresor, Evaporator dan fan blower.

Telitilah dengan benar aliran dari refrigerant atau freon pada sight glass. Bila anda menemukan adanya gelembung – gelembung pada kaca tersebut, bisa dipastikan jika freon AC mobil anda memang harus di isi ulang, tetapi jika anda tidak menemukan gelembung dan ternyata hanya ada air mengalir maka freon AC anda masih cukup dan tidak perlu melakukan pengisian ulang.

Jika memang  pada freon mobil anda perlu di isi ulang, maka harus dikosongkan terlebih dahulu sisa freon yang terdapat pada AC mobil anda. caranya dengan menutup pada katup manifold gauge kemudian hubungkan manifold gauge tersebut dengan menggunakan selang merah menuju nipel dengan tekanan tinggi serta selang biru pada nipel yang bertekanan rendah dan selang hijau yang menuju pompa vakum.

Jika  telah terpasang dengan benar maka bukalah salah satu katup yang terdapat pada manifold selanjutnya nyalakan pompa vakum. Amati ukuran yang tertera di vakum gauge sampai angkanya kurang lebih menunjukan 600mmHg (23,62 inHg; 80 kPa)

Selanjutnya bukalah sisi katup manifold yang satunya agar vacuum bekerja lebih efisien karena vacuum bekerja pada kedua sisinya. Maka lihat kembali angka pada vacuum gauge dan pastikan pada sistem tersebut sudah bersih dari uap, udara serta air dan angka telah menunjukan 750 mmHg (29,53 in Hg; 99,98 kPa).

Maka biarkan pompa vakum tetap dalam kondisi menyala selama 30 menit. selanjutnya, tutup kedua katup manifold sebelum  mematikan pompa vacuumnya. Dan tunggulah kurang lebih 15 menit serta amati angka pada meteran tersebut, bila terjadi penurunan maka terdapat kebocoran pada sistem AC mobil anda.

Demikian lah cara menganti freon pada AC mobil yang dapat disampaikan. tetapi akan lebih bijak rasanya bila anda mempercayakan pengisian freon pada mobil oleh orang atau mekanik yang lebih berkompeten dan berpengalaman untuk mengatasi masalah kebocoran yang mungkin saja terjadi.

Baca Juga : Cara Membersihkan Idle Up Ac Mobil

Semoga informasi yang dapat disampaikan bermanfaat, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.