Cara Parkir Mobil Bagi Pengemudi Pemula

2 min read

cara parkir mobil bagi pemula

Untuk orang atau pengemudi yang masih tergolong baru serta baru bisa mengemudikan sebuah mobil sendiri, ternyata di dalam melakukan parkir bisa jadi suatu hal yang sangat menakutkan. Terlebih bila harus parkir di tempat yang cukup sempit serta rapat seperti di parkiran mall atau pada parkiran dalam perkantoran.

Cara Parkir Mobil Bagi Pemula

Meskipun biasanya tersebut sudah disediakan tukang parkir yang tentu saja diharapkan untuk membantu mengarahkan, tetapi rasa takut tersebur pasti tetaplah ada. Bahkan tidak jarang, timbulnya rasa takut tersebut yang dapat membuat mereka enggan untuk mengemudikan sendiri mobil saat pergi – pergi di pusat keramaian.

1. Pilih Parkiran Di Sisi Berjalan

Bila tempat yang akan anda tuju ialah dalam pertokoan, pastinya anda akan parkir di pinggir jalan raya. Hal tersebut memudahkan anda saat melakukan proses parkir yang tidak akan mengganggu mobil dari jalur kedua arah. Sehingga  tidak akan terburu-buru serta semakin gugup karena banyak mobil yang sedang menunggu anda selesai parkir.

Saat anda sedang mencari lahan atau tempat parkir yang kosong, jalan kendaraan dengan perlahan serta selalu nyalakan lampu sein. Dengan cara demikian, pengendara yang di belakang anda serta tukang parkir yang berjaga akan mengetahui bahwa anda sedang mencari dimana lokasi parkir. Bila anda melihat lahan yang kosong, pastikan juga lahan tersebut sesuai tidak dengan ukuran mobil yang sedang anda kendarai.

2. Buka Jendela Dan Matikan Audio

Dimanapun tempat anda parkir, bila anda masih belum berpengalaman, sangat disarankan untuk selalu membuka kaca jendela serta mematikan audio. Dengan cara demikian anda bisa lebih fokus dengan lingkungan sekitar dan suara tukang parkir yang sedang memberikan instruksi arah parkir bisa dilihat dengan jelas.

Pastikan juga dengan jelas kondisi di sekitar tempat ruang parkir. Apakah terdapat tiang, garis parkir, gundukan pembatas, kendaraan lain ataupun adanya troli belanja. bila anda merasa ragu, jangan malu – malu untuk turun serta mengawasi sekitar parkiran terlebih dahulu.

3. Maksimalkan Penggunaan Kaca Spion

Kaca spion adalah salah satu komonen yang sangat penting untuk membantu anda dalammemarkir mobil. Terlebih bila anda akan memarkirkan mobil mundur di tempat yang terbatas seperti parkiran di mall.

Bila anda masih ragu dengan jarak yang anda lihat pada kaca spion, janganlah malu pula untuk mengeluarkan kepala dan mengintip sejauh apa jarak mobil dengan tiang atau dengan mobil lainnya. Untuk melihat batas belakang, untuk mobil terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan sensor atau adanya kamera mundur.

4. Berikan Jarak Kanan dan Kiri Mobil

Supaya memudahkan anda dan juga penumpang untuk turun, maka pastikanlah adanya jarak di kiri dan kanan mobil untuk bisa membuka pintu dan naik turunnya penumpang. Biasanya pada parkiran terdapat garis untuk lahan parkir mobil. Cobalah anda parkirkan mobil tepat di tengah garis lahan tersebut.

5. Amankan Mobil Saat Parkir

Dan setelah anda parkir mobil dengan sesuai, janganlah lupa untuk selalu mengamankan mobil anda. Pasang atau tarik tuas rem tangan dengan benar bila anda parkir di tempat datar. Jika kondisinya menurun, pasang rem tangan serta posisikan transmisi di gigi mundur (R).

Jika kondisi jalanan menanjak, pasang rem tangan dan posisikan perseneleng pada gigi 1. Hal tersebut supaya mobil tidak bergerak sendiri pada saat anda tinggal. Namun sangat penting untuk diperhatikan. Sebelum anda menyalakan mobil, pastikan terlebih dahulu anda sudah memindahkan gigi ke posisi netral!

Demikianlah beberapa tips serta cara-cara untuk melakukan parkir mobil yang baik dan benar. bila anda merasa ragu, langkah baiknya untuk berlatih terlebih dahulu di lapangan atau lahan kosong dengan memakai bantuan botol air mineral yang digunakan sebagai pembatas lahan parkir.

Semoga penjelasan yang disampaikan bisa bermanfaat, dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah menggunjungi artikel ini.