9 Langkah Mudah Membersihkan Mesin Mobil Sendiri

4 min read

konsumsi bbm ertiga

Membersihkan mesin mobil pada masa kini memang ada yang gampang dan juga susah. Susahnya karena ruang pada mesin mobil sangat padat. Bagian mesin berisi dengan peralatan serta komponen pendukung kinerja mesin utama.

Seperti kabel, pipa, selang, dan tabung yang membuat isi bagian mesin semakin rumit, karena ada alasan mengapa Anda haruslah mengetahui  bagaimana cara membersihkan mesin mobil, untuk alasan yang pertama ialah supaya pelepasan panas pada mesin tidak terhambat.

Karena hambatan ini terjadi dikarenakan kotoran oli yang ada pada mesin. untuk pembersihan dilakukan supaya  komponen mesin mobil tidak cepat rusak karena disebabkan tertimbun debu. Misalnya pada belt AC, steering oil pump, dinamo, dan lain-lain. Mesin yang telah dibersihkan dapat meringankan kerja fan elektrik mobil.

Fan tersebut berfungsi untuk mengurangi panas pada radiator. Anda dapat menerapkan cara membersihkan mesin mobil tersebut secara berkala. Anda dapat menjaga agar konektor kelistrikan dapat berfungsi dengan baik.

Mesin hanya dapat berfungsi bila tidak adanya kotoran yang menempel. Karena kepercayaan diri Anda akan meningkat di saat mengendarai mobil yang kondisinya bersih. Serta harga jual mobil pun bisa meningkat bila memiliki mesin yang bersih.

Anda pun bisa lebih mudah untuk menerapkan cara membersihkan mesin mobil. Caranya ialah Anda harus memiliki pengetahuan dasar tentang mobil itu sendiri. dan pengetahuan tersebut terkait pada peralatan, ruang mesin, dan bahan pembersih.

Karen secara umum ruang mesin memiliki body, kap, serta mekanisme kunci. Dan di dalam ruang mesin terdapat bongkahan mesin serta engine mounting, dan terdapat pula perangkat elektrik. Perangkat lainnya ialah sistem rem, sistem kelistrikan, dan lain-lain.

Komponen Mesin Mobil

Untuk Engine mounting sendiri terdiri dari collar rubber, rubber dumper, dan juga plat. Pada bongkahan mesin terdapat blog, cylinder head, dan head cover. Pada Sistem pendinginan mesin memiliki fan engine, pipa,dan water pump. Pada Sistem kelistrikan memiliki alternator, aki, starter, coil, lampu, dan lain-lain sebagainya.

Sistem bahan bakar memiliki injector, pipa, duct,dan fuel filter. Pada Sistem pengereman mempunyai booster pipa, rem,dan juga tabung brake fluid. Dan sistem AC memiliki dryer, pipa, radiator AC, dan juga electric coupling. Serta Sistem power steering terdapat tabung brake fluid, pipa, dan motor AC.

Ada perangkat yang tidak boleh terkena air karena mengakibatkan shortage. Busi dan ignition coil masih aman ketika terkena air. Komponen tersebut terlindungi dengan plastic head cover serta cable cap. Untuk ECU dengan hargaya yang sangat mahal memiliki fungsi yang kompleks pada kelistrikan.

ECU ini sudah diletakkan pada ruang mesin, tidak diletakkan di dashboard seperti pada mobil – mobil yang  sebelumnya. Peralatan ini juga harus terhindar dari air. Sedangkan untuk alternator, biasanya telah dilengkapi anti air. Tetapi karena fungsinya yang sangat penting, maka jangan sampai komponen tersevut terkena air. Membersihkan mesin mobil juga tidak boleh asal – asalan. Anda harus mengetahui komponen-komponen di atas.

Bahan Untuk Membersihkan Mesin Mobil

Bahan untuk membersihkan mesin mobil terdiri dari bel sabun, dresser, dan air. Ada pula grease, cairan silikon, serta minyak tanah. Untuk minyak tanah dipakai untuk membersihkan lelehan oli pada ruang mesin, dan ada pula yang memakai solar untuk membersihkan mesin. tapi solar akan mudah terbakar sehingga lebih aman dan disarankan memakai minyak tanah.

Anda juga dapat memakai engine degreaser, dan bahan tersebut dijual dalam kemasan kaleng, soal harga memang cukup mahal, akan tetapi bisa untuk membersihkan pada area yang luas. Dan juga bahan ini dapat digunakan pada area lokal. Sedangkan untuk minyak tanah mempunyai harga yang cukup terjangkau. Serta area pembersihannya juga luas serta daya bersihnya yang lebih bagus.

Belt dresser ialah cairan yang digunakan untuk membersihkan suam rubber belt. Dan bahan ini dijual dengan bentuknya yang seperti kaleng aerosol, serta bisa juga memakai sabun colek, sabun colek digunakan untuk bisa membersihkan bekas kotoran serta minyak tanah yang telah digunakan untuk membersihkan oli yang menempel pada mesin.

Selanjutnya memakai cairan silicon, cairan tersebut berguna untuk menjaga supaya karet tetap elastis. Grease di pakai sebagai pelumas. Dan bentuknya seperti pasta serta rawan debu.

Cara untuk membersihkan mesin mobil yang benar juga memerlukan peralatan yang tepat. Peralatan yang dipakai ialah seperti kuas, high pressure cleaner, dan sikat kawat. Ada juga peralatan yang lain seperti lap selang, katun, karet, dan plastik. Untuk berjaga-jaga agar lebih aman, dan mengurangi resiko kecelakaan anda juga bisa mempersiapkan alat pemadam kebakaran.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang Benar

1. Memilih Lokasi Yang Tepat Untuk Membersihkan Mesin Mobil

Untuk tempat yang paling baik ialah tempat yang teduh dan juga terang. Pilihlah tempat bersih dan yang tidak banyak debu. Serta carilah tempat jaraknya jauh dari sumber api. Serta bahan pembersih yang dipakai mudah terbakar. Dan Ini adalah langkah yang tepat dari cara membersihkan mesin mobil.

2. Pastikan Mesin Mobil Dalam Keadaan Dingin

Jangan melakukan pembersihkan pada saat mesin mobil masih dalam keadaan panas. Karena mesin mobil yang panas akan sangat berbahaya. Proses pendinginan yang mendadak dapat membuat komponen mesin mobil bisa melengkung.

Meskipun untuk deformasi tersebut berada pada ukuran mikron. Akan tetapi dapat mengganggu kerja mobil. Mesin mobil bisa saja berubah menjadi kasar pada saat setelah dibersihkan. Itu ialah tanda terjadi deformasi pada mesin. untuk berjaga jaga bungkuslah komponen elektrik memakai kantong plastik.

Serta jangan lupa untuk megikat dengan karet supaya tidak lepas, bungkuslah komponen seperti kotak sekring, fan, konektor, dan ECU. Serta letakkan koran untuk alas di bawah ruang mesin. Koran ini berfungsi untuk menampung kotoran seperti minyak yang menetes. Bersihkan mesin mobil sampai semua kotoran yang menggumpal bisa terlepas.

3. Membersihkan Kotoran Mesin

Selanjutntya masuk ke cara membersihkan mesin mobil yakni pencucian. Caranya hilangkan semua kotoran yang tertinggal pada mesin. Bersihkan bekas oli yang berada  di kap mesin serta ruang mesin. bersihkan juga mekanisme kunci pada kap mesin dari kotoran. Bersihkan dengan sangat teliti supaya tidak ada kotoran lagi yang tertinggal.

4. Gunakan Kuas Atau Sikat Gigi

Gunakanlah sikat gigi dan kuas yang panjang untuk tempat yang cukup sulit untuk. Bilas semua mesin atau bekas minyak tanah memakai semprotan air. Dan jangan sampai minyak tanah atau engine degreaser tersebut terkena komponen berbahan karet. Inilah yang merupakan cara untuk membersihkan mesin mobil yang sangat tepat. Karena Rubber, karet AC, serta engine mounting bisa melar dan rusak jika terkena minyak tanah.

5. Membersihkan Kap Mesin

Caranya beri air pada bawah kap mesin serta dinding ruang mesin. dan berikan sabun sampai merata serta bilas sampai bersih. Berilah air di semua perangkat serta mesin mobil. Jangan lupa memberikan sabun secara merata serta bilas lagi sampai semuanya bersih.

6. Membersihkan Bagian Radiator Dan AC

Selanjutnya ialah cara membersihkan mesin mobil di bagian radiator dan AC, karena pada bagian ini cukup sulit. AC dan juga radiator mesin ditempatkan pada mobil secara permanen. Anda di haruskan membongkar grill bagian depan terlebih dahulu. Proses untuk membuka grill bukan perkara yang mudah, Anda juga harus berhati-hati karena komponen tersebut bisa patah.

Anda bisa menghilangkan kotoran yang menempel terlebih dahulu. Gunakan lidi panjang. Kemudian semprot air di seluruh radiator. Jangan menyemprot kisi halus di radiator dengan high pressure cleaner. Cara membersihkan mesin mobil tersebut salah. Anda bisa merusak radiator jika menggunakan tekanan air yang bertekanan tinggi.

7. Mengeringkan Mesin Mobil

Tahap yang selanjutnya adalah cara membersihkan mesin mobil dan tahap pengeringan serta yang lainnya.  Anda pun harus mengeringkan pada bagian mobil yang basah dengan mamakai lap katun. Serta dengan menyemprot semua bahan yang terbuat dari karet dengan cairan silikon. Kemudian diamkan sejenak agar bahan bisa terserap sempurna. selanjutnya, bersihkanlah bekas semprotan memakai lap katun.

8. Memberikan Pelumas

Kemudian berikan pelumas dibagian yang perlu untuk diberi pelumas. Misalkan, berikan grease di bagian kunci pembuka pada kap mesin. Semprot pada semua karet belt memakai cairan belt dresser. Cara untuk membersihkan mesin mobil seperti ini memanglah cukup tepat. Cara Ini dilakukan untuk menghilangkan sisa – sisa  air yang masih menempel. Dan lepaskan semua kantong yang menutupi perangkat  tadi secara hati-hati.

9. Memeriksa Semua Bagian Mobil

Setelah selesai maka periksa semua bagian apakah ada bagian yang masih kurang bersih atau basah. bila ada, bersihkan serta keringkan lagi pada bagian tersebut dengan memakai kain.  nyalakan dan panaskan mesin untuk mengeringkan pada bagian yang masih basah.